Gordon Tobing

Saka Wikipédia Jawa, bauwarna mardika basa Jawa

'Gordon Tobing' (lair ing Medan, Sumatera Utara , 25 Agustus 1925  – pati ing Jakarta, Indonesia , 13 Januari 1993 ing umur 67 taun) merupakan seorang penyanyi berbangsa Indonesia yang utamanya menyanyikan lagu-lagu batak. Gordon telah memopulerkan lagu-lagu rakyat Batak ke seantero donya. Kepiawaian menyanyikan lagu rakyat Batak (Tapanuli) telah menggetarkan berjuta-juta orang di puluhan nagara di lima bawana yang telah disinggahinya. Puluhan kepala nagara telah menyambutnya dengan apresiasi yang amat berkesan.

Sosok[besut | besut sumber]

Gordon yang tidak pernah memperoleh wulangan muzik kanthi formal, taun 1950 merantau ke Jakarta. Di Jakarta ia sempat berpindah-pindah pekerjaan, di antaranya sempat bekerja sebagai pekerja syarikat Filem Nagara. Nanging lantaran merasa tidak sesuai dengan pekerjaan tersebut, ia pindah ke RRI (Radio Republik Indonesia).

Tak berapa lama, Vokal Kumpulan Sinondang bubar, kemudian Gordon membentuk Vokal Kumpulan "Impola" (Batak: inti yang terbaik dari yang terbaik). Vokal Kumpulan Impola inilah yang membuat Gordon dan isterinya Theresia Hutabarat menjadi sangat kaloka sejak taun 1960 an. Bersama VG Impola, dia menjelajah banyak nagara. Bahkan MC (Master of Ceremony) kaloka Koes Hendratmo dan Hakim Tobing sempat ikut bergabung dalam VG Impola.

Gordon, séda pada 13 Fèbruari 1993 di Jakarta selepas menderita sesak nafas. Gordon meninggalkan satu isteri dan dua anak.

Pautan luar[besut | besut sumber]