Naraguna:Prakerinasih

Saka Wikipédia Jawa, bauwarna mardika basa Jawa

Kubah Masjid Emas[besut | besut sumber]

Kubah Masjid Emas, atau umum dimaksud masjid Dian Al Mahri. Masjid kubah emas ada di jl. Meruyung, kecamatan limo, Depok. Masjid ini bukan hanya dipakai untuk tempat melakukan beribadah, tapi juga jadi obyek wisata religi juga. Masjid ini dipakai jadi obyek wisata karna masjid ini mempunyai kelebihan yakni mempunyai kubah masjid yang berlapisi emas. kubah masjid ini mempunyai 5 buah kubah, 1 kubah paling penting, serta 4 kubah kecil. Ketebalan emas yang melapisi kubah sekitaran 2 hingga 3 milimeter, terkecuali emas juga dilapis dengan mozaik Kristal. Bentuk dari kubah paling penting nyaris sama dengan kubah pada Taj Mahal. Kubah ini mempunyai diameter di bagian bawah 16 mtr. untuk sisi tengah mempunyai diameter 20 mtr., tengah tingginya 25 mtr. Ukuran diameter untuk kubah kecil yakni, sisi bawah 6 mtr, di bagian tengah 7 mtr. serta untuk tingginya 8 mtr. Di bagian interior untuk masjid kubah emas ada lampu gantug yang datang dari Italia yang memiliki berat 8 ton. Diluar itu ada juga hiasan berbentuk relief yang berada di tempat imam, relief itu terbuat dari emas juga lo sahabat, di dalam masjid itu ada 168 buah pilar yang dilapis oleh sisa emas, pilar ini berdiri dengan kuat yang buat kondisi dalam ruang itu tampak agung. diluar itu ada juga hiasan kaligrafi yang ada di langit langit masjid. Untuk info lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi website kami di kubahmasjidd.com/

Pembuat Masjid Kubah Emas

Setiap bangunan kubah tentu yang namanya peranan dari kontraktor kubah masjid juga diperlukan untuk membantu merampungkan bangunan kubah tersebut. Masjid kubah emas di buat oleh Hj. Djuriah Maimun Al Rasyid, yang berprofesi jadi pengusaha atau entrepreneur yang datang dari Banten. Awal mulanya Hj. Djuriah Maimun Al Rasyid punyai tekad untuk jadikan masjid itu jadi tempat Islamic Center Dian Al Mahri yang terbagi dalam pondok pesantren, taman kanak – kanak s/d SMU dan buat ruang public dakwah serta peradapan islam. Bangunan masjid ini tempati tanah seluas 50 hektar. Halaman pada dalam masjid itu memiliki ukuran 45 kali 57 mtr. serta dengan ukuran sebesar itu bisa menyimpan sekitaran 8. 000 jamaah. Enam Menara yang berada di masjid kubah emas melambangkan rukun iman, menara itu juga mempunyai kelebihan yakni, menara itu dibalut dengan batu granit abu – abu dan di bagian puncaknya dilapis emas 24 karat. Lima kubah yang ada di masjid itu melambangkan rukun islam, kubah itu juga dilapis dengan emas lo teman dekat semuanya. Warna cat yang kuasai masjid itu yaitu warna krem karna dengan penentuan warna krem ini juga akan beri kesan ruangan yang tenang serta pas untuk seorang yang tengah lakukan melaksanakan ibadah didalamnya. Dibagian lampu yang ada didalam ruangan juga berlapis emas yang mempunyai berat 2, 7 ton. Masjid kubah emas yaitu masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini terbuka untuk umum serta dibukanya tidak keseharian. Kubah masjid emas ini mulai di buka untuk umum pata tanggal 31 desember 2006 serta pada tanggal itu bertepatan dengan hari raya idul adha. Pembangunan dari masjid ini sendiri diawali pada th. 1999. Waktu peresmian masjid kubah emas ini ditangani sesudah melakukan sholat idul adha serta waktu itu ada sekitaran 5 ribu jamaah.

Teknik Pembuatan Kubah Masjid Emas

teknik pembuatan masjid kubah emas dalam pemasangannya memakai tiga tehnik, yakni : • Teknik serbuk emas, tehnik ini diaplikasikan di bagian mahkota/pilar • Teknik gold plating, tehnik ini diaplikasikan di bagian lampu gantung langit – langit kubah, tangga dan mimbar mihrab • Gold mozaik, tehnik ini diaplikasikan di bagian kubah paling penting serta menara Jika anda kehendaki pergi ke masjid kubah emas ini anda mesti simak dahulu jadwal bukanya karna Masjid kubah emas ini tutup pada hari kamis, serta untuk hari – hari yang lain di buka mulai jam 10. 00 s/d jam 20. 00 malam.