Kulawarga basa: Béda antara owahan

Saka Wikipédia Jawa, bauwarna mardika basa Jawa
Konten dihapus Konten ditambahkan
Legobot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 85 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q25295 (translate me)
tembung "rumpun" dudu basa Jawa
Larik 1: Larik 1:
[[Gambar:languengl.gif|thumb|right|400px|Peta rumpun basa ing donya]]
[[Gambar:languengl.gif|thumb|right|400px|Peta kulawarga basa ing donya]]
'''Rumpun basa''' iku sakumpulan [[basa|basa-basa]] sing ndarbèni [[perintis]] sing padha yaiku [[basa purba]] saka rumpun kasebut.
'''Kulawarga basa''' iku sakumpulan [[basa|basa-basa]] sing ndarbèni [[perintis]] sing padha yaiku [[basa purba]] saka kulawarga kasebut.


Kayadéné [[Taksonomi alfa|rumpun biologis]], bukti hubungan antara basa-basa sarumpun bisa diamati saka karakteristik basa-basa kasebut. Sawijining rumpun basa sing bisa diidhentifikasi kanthi trep yakuwi sawijining kesatuan [[filogenetika|filogenetis]] sing tegesé kabèh anggota rupun basa kasebut diturunaké saka sawijining perintis lan kabèh basa turunané dilebokaké jroning rumpun kasebut. Sebagéan gedhé basa-basa ing bumi kuwi anggota saka sawijining rumpun basa, nanging ana uga basa-basa (kaya [[basa isolat]] sing hubungané karo basa liya ora cetha dan dadi pasulayan.
Kayadéné [[taksonomi alfa|kulawarga biologis]], bukti hubungan antara basa-basa sakulawarga bisa diamati saka karakteristik basa-basa kasebut. Sawijining kulawarga basa sing bisa diidhentifikasi kanthi trep yakuwi sawijining kesatuan [[filogenetika|filogenetis]] sing tegesé kabèh anggota kulawarga basa kasebut diturunaké saka sawijining perintis lan kabèh basa turunané dilebokaké jroning rumpun kasebut. Sebagéan gedhé basa-basa ing bumi kuwi anggota saka sawijining kulawarga basa, nanging ana uga basa-basa (kaya [[basa isolat]] sing hubungané karo basa liya ora cetha dan dadi pasulayan.
<!--
<!--
Konsep akan rumpun basa didasarkan dari anggapan bahwa seiring dengan berjalannya waktu sebuah basa akan perlahan-lahan pecah menjadi bermacam-macam [[logat]] yang masing-masing pada akhirnya menjadi sebuah basa baru. Namun, persilsilahan basa lebih kabur daripada persilsilahan biologis karena basa dapat lebih mudah bercampur (baik karena [[kontak basa]], penaklukan, atau perdagangan) sedangkan spesies biologis umumnya tidak dapat bersilang seperti itu. Pada kasus [[basa kreol]] dan [[basa campuran]] lainnya perintis dari basa tersebut berjumlah lebih dari satu. Namun kasus seperti ini bukanlah mayoritas dan kebanyakan basa yang ada di bumi dapat di golongankan secara jelas.
Konsep akan kulawarga basa didasarkan dari anggapan bahwa seiring dengan berjalannya waktu sebuah basa akan perlahan-lahan pecah menjadi bermacam-macam [[logat]] yang masing-masing pada akhirnya menjadi sebuah basa baru. Namun, persilsilahan basa lebih kabur daripada persilsilahan biologis karena basa dapat lebih mudah bercampur (baik karena [[kontak basa]], penaklukan, atau perdagangan) sedangkan spesies biologis umumnya tidak dapat bersilang seperti itu. Pada kasus [[basa kreol]] dan [[basa campuran]] lainnya perintis dari basa tersebut berjumlah lebih dari satu. Namun kasus seperti ini bukanlah mayoritas dan kebanyakan basa yang ada di bumi dapat di golongankan secara jelas.


== Basa Perintis ==
== Basa perintis ==
Perintis dari sebuah Kulawarga basa, yaitu basa purba, jarang kali dapat diketahui secara langsung karena kebanyakan basa mempunyai sejarah tercatat yang cukup pendek. Namun dimungkinkan untuk mereka basa purba tersebut dengan melakukan [[metode perbandingan]], sebuah metode rekonstruksi yang pertama kali dilakukan pada abas ke sembilan belas oleh seorang ahli basa [[August Schleiceher]]. Sebagai contoh sebuah rekaan adalah [[basa Indo-Eropa purba]] yang di tuturkan di zaman ketika tulisan belum ditemukan.


Untuk beberapa kasus basa perintis dari sebuah Kulawarga basa dituturkan pada saat ketika tulisan sudah mulai digunakan. Sebuah logat dari basa Latin ([[Latin vulgar]]) adalah basa perintis dari [[Kulawarga basa Roman]]. Sebuah logat dari [[basa Norse kuno]] adalah basa perintis dari [[basa Jermanik utara|basa-basa Jermanik utara]]
Perintis dari sebuah rumpun basa, yaitu basa purba, jarang kali dapat diketahui secara langsung karena kebanyakan basa mempunyai sejarah tercatat yang cukup pendek. Namun dimungkinkan untuk mereka basa purba tersebut dengan melakukan [[metode perbandingan]], sebuah metode rekonstruksi yang pertama kali dilakukan pada abas ke sembilan belas oleh seorang ahli basa [[August Schleiceher]]. Sebagai contoh sebuah rekaan adalah [[basa Indo-Eropa purba]] yang di tuturkan di zaman ketika tulisan belum ditemukan.

Untuk beberapa kasus basa perintis dari sebuah rumpun basa dituturkan pada saat ketika tulisan sudah mulai digunakan. Sebuah logat dari basa Latin ([[Latin vulgar]]) adalah basa perintis dari [[rumpun basa Roman]]. Sebuah logat dari [[basa Norse kuno]] adalah basa perintis dari [[basa Jermanik utara|basa-basa Jermanik utara]]


== Pembagian lebih lanjut ==
== Pembagian lebih lanjut ==


Sebuah rumpun basa dapat dibagi kembali menjadi kesatuan [[filogenetis]] yang lebih kecil, umumnya disebut sebagai ''cabang'' dari rumpun, katena sejarah dari sebuah rumpun basa sering kali di gambar sebagai sebuah [[pohon fiologenetis|diagram pohon]]. Istilah rumpun namun tidak hanya terbatas pada sebuah tingkatan dari pohon ini. Sebagai contoh [[rumpun basa Indo-Arya]] adalah seuah cabang dari [[rumpun basa Indo-Eropa]]. Beberapa ahli taksonomi membatasi penggunaan istilah ''rumpun'' ke sebuah tingkatan tertentu namun terdapat sedikit persetujuan akan pembatasan rersebut. Beberapa membagi ranting menjadi ''kelompok'' dan kelompok menjadi ''kompleks''. Ada juga istilah ''adirumpun'' atau ''filum'' yang diajukan untuk mengabungkan beberapa rumpun basa yang statusnya sebagai kesatuan fiolgenetis tidak didukung dengan metode ilmu sejarah basa.
Sebuah Kulawarga basa dapat dibagi kembali menjadi kesatuan [[filogenetis]] yang lebih kecil, umumnya disebut sebagai ''cabang'' dari rumpun, katena sejarah dari sebuah Kulawarga basa sering kali di gambar sebagai sebuah [[pohon fiologenetis|diagram pohon]]. Istilah rumpun namun tidak hanya terbatas pada sebuah tingkatan dari pohon ini. Sebagai contoh [[Kulawarga basa Indo-Arya]] adalah seuah cabang dari [[Kulawarga basa Indo-Eropa]]. Beberapa ahli taksonomi membatasi penggunaan istilah ''rumpun'' ke sebuah tingkatan tertentu namun terdapat sedikit persetujuan akan pembatasan rersebut. Beberapa membagi ranting menjadi ''kelompok'' dan kelompok menjadi ''kompleks''. Ada juga istilah ''adirumpun'' atau ''filum'' yang diajukan untuk mengabungkan beberapa Kulawarga basa yang statusnya sebagai kesatuan fiolgenetis tidak didukung dengan metode ilmu sejarah basa.


Basa yang tidak dapat digollongkan dengan jelas disebut sebagai basa isolat. Sebuah basa dapat terisolasi menjadi sebuah cabangnya sendiri di dalam sebuah rumpun basa seperti [[basa Yunani]] dalam rumpun basa Indo-Eropa. Ada juga basa isolat sempurna yang sama sekali tidak berhubungan dengan basa lain disekitarnya seperti contohnya [[basa Euskera]], kesamaan yang dimilikinya dengan basa sekitarnya seperti [[basa Kastelano]], [[basa Oksitan]] dan [[basa Perancis]] adalah karena pengaruh dan percampuran.
Basa yang tidak dapat digollongkan dengan jelas disebut sebagai basa isolat. Sebuah basa dapat terisolasi menjadi sebuah cabangnya sendiri di dalam sebuah Kulawarga basa seperti [[basa Yunani]] dalam Kulawarga basa Indo-Eropa. Ada juga basa isolat sempurna yang sama sekali tidak berhubungan dengan basa lain disekitarnya seperti contohnya [[basa Euskera]], kesamaan yang dimilikinya dengan basa sekitarnya seperti [[basa Kastelano]], [[basa Oksitan]] dan [[basa Perancis]] adalah karena pengaruh dan percampuran.


Hubungan antara rumpun basa sering kali digunakan oleh [[anthropologis]] bersamaan dengan bukti [[DNA]] dan [[fossil]] untuk merekonstruksi migrasi manusia dan kejadian prassejarah lainnya seperti penyebaran kegiatan bercocok tanam.
Hubungan antara Kulawarga basa sering kali digunakan oleh [[anthropologis]] bersamaan dengan bukti [[DNA]] dan [[fossil]] untuk merekonstruksi migrasi manusia dan kejadian prassejarah lainnya seperti penyebaran kegiatan bercocok tanam.
-->
-->
== Deleng uga ==
== Deleng uga ==
Larik 27: Larik 26:
* [[Basa punah]]
* [[Basa punah]]
* [[ISO 639-5]]
* [[ISO 639-5]]
* [[Basa Purba]]
* [[Basa purba]]
</div>
</div>


== Rumpun basa paling gedhé ==
== Kulawarga basa paling gedhé ==


Miturut ''Ethnologue.com'', rumpun-rumpun basa paling gedhé yakuwi:
Miturut ''Ethnologue.com'', rumpun-Kulawarga basa paling gedhé yakuwi:


# [[Niger-Kordofania]] (1489 basa)
# [[Niger-Kordofania]] (1489 basa)
Larik 49: Larik 48:
# [[Tupi]] (70 basa)
# [[Tupi]] (70 basa)
<!--
<!--
Selain itu ada pula beberapa rumpun basa lain yang tidak disenarikan dalam daftar ''Ethnologue'' ini:
Selain itu ada pula beberapa Kulawarga basa lain yang tidak disenarikan dalam daftar ''Ethnologue'' ini:
* [[Basa Uralik|Uralik]]
* [[Basa Uralik|Uralik]]
* [[Basa Altaik|Altaik]]
* [[Basa Altaik|Altaik]]


Kategorisasi rumpun-rumpun basa ini memang masih dipertentangkan sehingga mungkin tidak ikut disenaraikan.
Kategorisasi rumpun-Kulawarga basa ini memang masih dipertentangkan sehingga mungkin tidak ikut disenaraikan.
-->
-->


== Deleng uga ==
== Deleng uga ==
* [[Daftar basa miturut kulawarga basa]]

* [[Daftar basa miturut rumpun basa]]
* [[Daftar basa sing bakal punah]]
* [[Daftar basa sing bakal punah]]
* [[Daftar basa sing wis punah]]
* [[Daftar basa sing wis punah]]
Larik 69: Larik 67:


{{basa-stub}}
{{basa-stub}}
{{rumpun basa}}
{{kulawarga basa}}


[[Kategori:Basa]]
[[Kategori:Basa]]
[[Kategori:Rumpun basa| ]]
[[Kategori:Kulawarga basa| ]]

Révisi kala 9 Novèmber 2015 11.34

Peta kulawarga basa ing donya

Kulawarga basa iku sakumpulan basa-basa sing ndarbèni perintis sing padha yaiku basa purba saka kulawarga kasebut.

Kayadéné kulawarga biologis, bukti hubungan antara basa-basa sakulawarga bisa diamati saka karakteristik basa-basa kasebut. Sawijining kulawarga basa sing bisa diidhentifikasi kanthi trep yakuwi sawijining kesatuan filogenetis sing tegesé kabèh anggota kulawarga basa kasebut diturunaké saka sawijining perintis lan kabèh basa turunané dilebokaké jroning rumpun kasebut. Sebagéan gedhé basa-basa ing bumi kuwi anggota saka sawijining kulawarga basa, nanging ana uga basa-basa (kaya basa isolat sing hubungané karo basa liya ora cetha dan dadi pasulayan.

Deleng uga

Kulawarga basa paling gedhé

Miturut Ethnologue.com, rumpun-Kulawarga basa paling gedhé yakuwi:

  1. Niger-Kordofania (1489 basa)
  2. Austronesia (1262 basa)
  3. Trans-Nugini (552 basa) (dipertentangkan)
  4. Indo-Eropah (443 basa)
  5. Afro-Asiatik (372 basa)
  6. Sino-Tibet (365 basa)
  7. Australia (258 basa) (dipertentangkan)
  8. Nilo-Sahara (199 basa)
  9. Oto-Manguea (172 basa)
  10. Austro-Asiatik (168 basa)
  11. Sepik-Ramu (104 basa) (dipertentangkan)
  12. Dravida (75 basa)
  13. Tai-Kadai (70 basa)
  14. Tupi (70 basa)

Deleng uga

Pranala jaba