Słubice: Béda antara owahan

Saka Wikipédia Jawa, bauwarna mardika basa Jawa
Konten dihapus Konten ditambahkan
anyar (isi perlu dipertal)
 
tambah sithik
Larik 1: Larik 1:
{{terjemah|basa=Indonesia}}
{{terjemah|basa=Indonesia}}
'''Słubice''' ([{{IPA|swuˈbiʦɛ}}], [[basa Jerman|Jèrman]]: ''Dammvorstadt'') iku sawijining kutha sing papané ana ing sisih kuloné [[Polandia]] ing pinggiring kali [[Oder]]. Kota ini memiliki penduduk sebesar 16.900 jiwa. Sampai tahun [[1945]], kota ini merupakan bagian timur kota [[Frankfurt an der Oder]] ''Dammvorstadt'', ''Gartenstadt''). Nama Słubice merupakan ejaan Polandia modern bagi ''Zliwitz'', nama sebuah desa yang disebut pada piagam kota Frankfurt yang ditulis pada tahun [[1253]].
'''Słubice''' ([{{IPA|swuˈbiʦɛ}}], [[basa Jerman|Jèrman]]: ''Dammvorstadt'') iku sawijining kutha sing papané ana ing sisih kuloné [[Polandia]] ing pinggiring kali [[Oder]]. Kutha iki nduwé pedunung 16.900 jiwa. Nganti taun [[1945]], kutha iki bagéyan wétan kutha [[Frankfurt an der Oder]] (''Dammvorstadt'', ''Gartenstadt''). Jeneng Słubice iku éjaan [[basa Polandia|basa Polandia modhèrn]] kanggo ''Zliwitz'', sawijining désa sing disebut ing piagem kutha Frankfurt sing ditulis ing tahun [[1253]].


Dewasa ini di kota ini terdapat pos perbatasan terpenting antara [[Polandia]] dan [[Jerman]] untuk mobil dan [[kereta api]] (di [[Kunowice]], sebuah kota yang dekat). Słubice adalah tempat Pusat Sains Polandia-Jerman [[Collegium Polonicum]]. Para pengunjung Jerman, terutama dari [[Frankfurt an der Oder]], kota-kota lainnya di [[Brandenburg]], dan terutama [[Berlin]] senang mengunjungi Basar("Pasar Polandia") dan membeli [[rokok]] yang lebih murah di sana, sebagai contoh di "Jalan Roko" (ul. Jedności Robotniczej). Namun "wisatawan bensin" juga merupakan faktor penunjang ekonomi lokal yang penting. Selain itu hal ini juga berlaku bagi [[prostitusi]]. Banyak [[bordil]] yang terdapat di sana terutama dikunjungi para wisatawan Jerman.
Saiki iki ing kutha Słubice ana pos watesan (pos perbatasan) sing wigati dhéwé antara [[Polandia]] lan [[Jerman]] kanggo montor lan [[sepur]] (ing [[Kunowice]], kutha cilik cedhak kéné). Słubice iku uga Pusat Sains Polandia-Jerman [[Collegium Polonicum]]. Para tamu saka Jèrman, utamané saka Frankfurt an der Oder, kutha-kutha liyané ing [[Brandenburg]], lan [[Berlin]] seneng marani Basar ("Pasar Polandia") lan nukoni [[rokok]] sing luwih murah nèng kana (ing dalan ul. Jedności Robotniczej). Nanging para "wisatawan bènsin" uga faktor penunjang ékonomi lokal sing wigati. Saliyané iku [[prostitusi]] uga nunjang ékonomi lokal. Akèh [[bordhil]] ing kana sing dipara para wisatawan Jèrman.

== Sejarah ==
Sampai tahun 1945, Słubice dikenal sebagai ''Dammvorstadt'' dan merupakan bagian dari kota [[Frankfurt (Oder)]]. Pemisahan bagian kota ini dimulai dengan berakhirnya [[Perang Dunia II]] dan dengan ini pendudukan kota ini oleh [[Tentara Merah]] [[Uni Soviet]]. Pada [[19 April]] [[1945]] pukul 05:29, jembatan kota dihancurkan dan dengan ini hubungan telpon, gas, dan air Dammvorstadt diputus. Divisi pertahanan 129, Tentara Soviet 33 bisa merebut kota ini tanda perlawanan Tentara Jerman yang telah mengundurkan diri. Menurut permintaan orang-orang Polandia, seluruh kota Frankfurt akan dikuasai Polandia karena mereka menganggap bahwa pembagian kota merupakan hal yang tidak masuk akal. Lalu oleh pemerintahan Polandia, nama Słubice dipakai sebagai sinonim bagi keseluruhan kota. Saat itu 17 anggota pemerintahan, 5 tukang dan 28 polisi bersenjata mencapai kota ini pada tanggal 2 Mei 1945, dan akan mendirikan pemerintahan Polandia di sini<ref> Reiß, Eckhard, 2003</ref>. Sebagai pusat pemerintahan, dipakai rumah di jalan ''Friedrichstraße 10'' (kemudian dikenal dengan nama ul. Armii Czerwonej, dan mulai tahun 1950 ul. Jednosci Robotniczej 12).

Pada tanggal 4 Mei Tentara Merah Uni Soviet mendirikan sebuah jembatan sementara dari Lebuser Mauerstraße ke Prinzenufer, lalu mulai 8 Mei para warga Jerman pertama mulai kembali ke Dammvorstadt.

Lalu pada tanggal 15 Mei 1945 untuk pertama kalinya dokumen-dokumen resmi Polandia dengan cap Słubice mulai dipakai. Namun di hari yang sama ada pula dokumen Polandia yang memakai nama Frankfurt sebagai nama tempat.

[[Gambar:Slubice Collegium Polonicum.jpg|thumb|Gedung Collegium Polonicum. Sampai tanggal 20 Mei 1945, di sini berdiri rumah makan ''Goldener Löwe'' yang berasal dari tahn [[1601]].]]
Pada tanggal 20 Mei restoran ''Goldener Löwe'' ("Singa Emas") yang sampai saat itu merupakan gedung tertua di Dammvorstadt terbakar habis. Pada tempat gedung yang berasal dari tahun 1601 ini, dewasa ini terdapat Collegium Polonicum.

Balai kota pertama kota baru ini pada tanggal 28 Mei 1945 didirikan di jalan ''Neuer Markt 5'' (sekarang disebut pl. Wolnosci 5).

[[Gambar:Ziegenwerden.JPG|thumb|Pemandangan dari pulau Ziegenwerden di Frankfurt melewati sungai Oder ke arah Słubice]]
Pada tanggal 15 Juni menurut informasi Polandia, di daerah sekitar Słubice, di mana tidak jelas apa yang dimaksud sekitar ini, sekitar 8.000 warga Jerman dan 80 warga Polandia. Sang ''Starost'' (semacam bupati) yang telah diangkat sejak tanggal 24 Mei, ''Henryk Jastrzebski'' melaksanakan pengusiran bangsa Jerman dari Dammvorstadt sampai tanggal 15/16 Juni. Secara total sekitar 3.640 warga Jerman diusir<ref> Reiß, Eckhard, 2003</ref>. Secara resmi sekitar lima warga Jerman dan tujuh orang Yahudi di sana. Namun angka sebenarnya kemungkinan besar lebih tinggi.

Mulai tanggal 30 Juni, Dammvorstadt/Słubice dilayani aliran listrik kembali, kemungkinan berkat sebuah kabel ekstra yang dipasang. Pada bulan Juli, para serdadu Soviet mulai melaksanakan pembongkaran perusahaan-perusahaan di sekitar kota secara besar-besar. Mulai tanggal 2 Agustus 1945, pembagian kota ini telah menjadi fakta oleh [[Konferensi Potsdam]]. Mulai tanggal 28 Agustus, sebuah pipa air dari sungai Oder mulai melayani kebutuhan air di Słubice. Mulai tanggal 10 Oktober nama-nama Jerman jalan mulai mendapatkan nama-nama Polandia, yang masih akan diubah beberapa kali di kemudian hari. Mulai tanggal 12 Oktober, tahun ajaran baru bagi 120 anak sekolah Słubice dimulai. Kepala sekolahnya adalah ''Jósef Mager''.

Pada tanggal 13 Maret 1946, para serdadu Soviet meninggalkan kota ini.

== Kota kembar ==
*[[Frankfurt (Oder)]], Jerman
*[[Heilbronn]], Jerman
*[[Tijuana]], [[Meksiko]]
*[[Yuma]], [[Amerika Serikat]]

== Kebudayan dan tempat-tempat wisata ==
=== Gedung menarik ===
[[Gambar:2006-05 Słubice 02.jpg|thumb|Kino (Bioskop) Piast]]
Pembanguan bioskop ''Kino Piast'' dimulai pada tahun 1924, kemungkinan besar menurut rencanan ''Josef Gesing''. Bioskop ini dibuka sebagai ''Lichtspielpalast'' pada tanggal 15 Februari 1925. Film bisu ''Carlos und Elisabeth'' yang berdasarkan [[Don Carlos]] karya Schiller, adalah yang pertama diputar. Lima tahun kemudian bioskop ini ditutup dan sebuah restoran bernama ''Elyseum'' dibuka di gedung ini. Kemudian dilakukan modifikasi, modernisasi dan renovasi gedung menurut rencana '' Rebiger'' yang berasal dari Berlin. Lalu bioskop dibuka kembali sebagai ''Filmpalast'' pada tanggal 3 Desember 1937. Film pertama yang dipertunjukkan adalah ''Patrioten''. Setelah Perang Dunia II dan didirikannya kota Słubice, bioskop ini disita oleh pemerintah. Gedung ini yang sekarang berada di ''ul. Jednosci Robotniczej 10'' setelah tahun 2005 tidak digunakan lagi, sebelumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan bunga. <ref> Märkische Oderzeitung/Frankfurter Stadtbote, 24/25 Mei 2006, halaman 17 </ref>

== Gmina ==
[[Gambar:Slubice_Oderbruecke.jpg|thumb|Pandangan dari jembatan yang melalui sungai [[Oder]] jika datang dari Jerman]]
Daerah munisipal (''Gmina'') Słubice meliputi wilayah sebesar 185 km² dengan penduduk sebesar 19.106 jiwa. Daerah yang termasuk antara lain adalah: * Golice (''Gohlitz'')
* [[Kunice (Lebus)|Kunice]] (''Kunitz'')
* [[Kunowice]] (''Kunersdorf''), di sini pada [[12 Agustus]] [[1759]] terjadi [[Pembantaian di Kunersdorf]].
* Lisów (''Leißow'')
* Nowe Biskupice (''Neu Bischofsee'')
* Nowy Lubusz (''Neu Lebus'')
* [[Rybocice]] (''Reipzig'')
* Słubice (''Frankfurt(Oder)-Dammvorstadt'')
* [[Świecko]] (''Schwetig'')
* [[Drzecin]] (''Trettin'')

== Rujukan ==

[[Gambar:Slubice_Jednosci_Robotniczej.jpg|thumb|Jednosci-Robotniczej-Straße (''Straße der Arbeitereinheit'', ''Jalan Persatuan Para Buruh'')]]
* {{de}} Monika Kilian/Ulrich Knefelkamp (Hg.) ''Frankfurt/Oder-Słubice. Sieben Spaziergänge durch die Stadtgeschichte'' Berlin: Scrîpvaz, 2003, ISBN 3-931278-06-9
* {{de}} Reiß, Eckhard ''Das Ende der Frankfurter Dammvorstadt und das Entstehen von Słubice'' in „Mitteilungen Heft 2, 2003 “ Historischer Verein zu Frankfurt (Oder) e.V.
* {{pl}} ''Słubice. Historia – topografia – rozwoj. Geschichte – Topografie – Entwicklung'' Bearbeitet v. Collegium Polonicum, Studiengang „European Cultural Heritage“ (Deutsch und Polnisch) Słubice, Berlin: Scrîpvaz, 2003 ISBN 3-931278-22-0

== Catatan kaki ==
<references/>

== Sumber ==
* Artikel [[:de:Słubice|Słubice]] di Wikipedia Jerman versi 21:02, 4. Jul 2006 Eskimbot

== Pranala jaba==
{{Commons|Słubice}}
* {{pl}} [http://www.slubice.pl Situs web resmi]
* {{de}} http://www.slubfurt.net
* {{de}} http://www.slubice.de
* {{pl}} http://www.slubice.info
* {{de}} [http://www.instytut.net/rundgaenge Spaziergänge durch Słubice]


[[Kategori:Kutha ing Polandia]]
[[Kategori:Kutha ing Polandia]]


[[de:Słubice]]
[[en:Słubice]]
[[fr:Słubice]]
[[id:Słubice]]
[[it:Słubice]]
[[nds:Słubice]]
[[nl:Słubice]]
[[pl:Słubice]]
[[ro:Słubice]]
[[sv:Słubice]]

Révisi kala 4 Januari 2007 17.02

Słubice ([swuˈbiʦɛ], Jèrman: Dammvorstadt) iku sawijining kutha sing papané ana ing sisih kuloné Polandia ing pinggiring kali Oder. Kutha iki nduwé pedunung 16.900 jiwa. Nganti taun 1945, kutha iki bagéyan wétan kutha Frankfurt an der Oder (Dammvorstadt, Gartenstadt). Jeneng Słubice iku éjaan basa Polandia modhèrn kanggo Zliwitz, sawijining désa sing disebut ing piagem kutha Frankfurt sing ditulis ing tahun 1253.

Saiki iki ing kutha Słubice ana pos watesan (pos perbatasan) sing wigati dhéwé antara Polandia lan Jerman kanggo montor lan sepur (ing Kunowice, kutha cilik cedhak kéné). Słubice iku uga Pusat Sains Polandia-Jerman Collegium Polonicum. Para tamu saka Jèrman, utamané saka Frankfurt an der Oder, kutha-kutha liyané ing Brandenburg, lan Berlin seneng marani Basar ("Pasar Polandia") lan nukoni rokok sing luwih murah nèng kana (ing dalan ul. Jedności Robotniczej). Nanging para "wisatawan bènsin" uga faktor penunjang ékonomi lokal sing wigati. Saliyané iku prostitusi uga nunjang ékonomi lokal. Akèh bordhil ing kana sing dipara para wisatawan Jèrman.