Gunung Papandayan: Béda antara owahan

Menyang navigasi Menyang panggolèkan
7 bèt wis ditambahake ,  4 taun kepungkur
éjaan using AWB
c (→‎top: yaiku -> ya iku, miturut Bausastra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta, replaced: yaiku → ya iku using AWB)
(éjaan using AWB)
{{Infobox mountain
| name = Gunung Papandayan
| photo = IndonesiaIndonésia - papandayan 4.jpg
| photo_caption =
| elevation =
 
==Delengen uga==
* [[Daftar gunung ing IndonesiaIndonésia]]
* [[Daftar gunung]]
 
==Galeri==
<gallery>
Image:IndonesiaIndonésia - papandayan 1.jpg
Image:IndonesiaIndonésia - papandayan 2.jpg
Image:IndonesiaIndonésia - papandayan 3.jpg
Image:IndonesiaIndonésia - papandayan 4.jpg
</gallery>
 
Pendakian ada baiknya dimulai pada pagi hari sekitar pukul 8.00 WIB, hal ini untuk memudahkan kita menikmati keindahan alam liar gunung Papandayan. Setelah melaporkan diri, dan mempersiapkan segala persediaan makanan kita menelusuri jalur pendakian melewati sisi kawah belerang. Tak usah mengkhawatirkan persediaan air, gunung inilah yang akan menyediakannya. Pertama adalah sebuah sungai pada alun-alun pertama dan parit mata air pada alun-alun yang kedua, yang letaknya di bawah puncak gunung Papandayan.
 
Dalam waktu 1-2 jam kita akan sampai pada alun-alun pertama, dan dengan sedikit istirahat kita melanjutkan perjalanan menuju alun-alun kedua. Alun-alun yang disebut terakhir ini boleh dibilang masih perawan karena jarang tersentuh manusia. Ini dibuktikan dengan bersihnya lokasi dari sampah dan masih rimbunnya padang Eldelweis yang luasnya mencapai puluhan are itu. Namun untuk mencapai ke sana, kita harus terlebih dahulu melewati puncak G. Papandayan yang karena lebatnya pepohonan, sangat menyulitkan pendaki untuk memilih jalur yang benar di daerahlaladan tersebut. Dari lokasi alun-alun pertama alun-alun ini dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam saja.
 
Untuk turun, ada dua alternatif jalur yang dapat ditempuh yaitu kembali lewat jalur semula atau jalur baru menuju sebelah utara G. Papandayan. Masing-masing memakan waktu 3 jam dan 6 jam.
352.737

besutan

Menu navigasi