Caringin, Bogor

Saka Wikipédia Jawa, bauwarna mardika basa Jawa
Kacamatan Caringin
Kabupatèn
Bogor
Camat
---
Jembar
---
Penduduk
---
Désa/Kalurahan
---/---

Kacamatan Caringin merupakan salah satu kacamatan di kabupatèn Bogor, Jawa Barat. Kacamatan Caringin berbatasan dengan Kacamatan Cigombong dan Kacamatan Cijeruk di Sebelah Selatan. Di Utara Berbatasan dengan Kacamatan Ciawi dan Kacamatan Megamendung. Kacamatan Caringin terdiri dari 12 Désa dengan pusat kacamatan (Kantor Kacamatan, Puskesmas, dan Pasar) berada di Désa Caringin.

Mayoritas warga Caringin merupakan wong tani dengan komoditas unggulan antara lain talas, pisang, dan sayur mayur dan hortikultura. Terdapat juga sentra perikanan lele dan ikan mas sarta peternakan domba antara lain di Désa Cinagara, dan Désa Caringin.

Di Désa Pancawati yang merupakan laladan perbukitan dan dataran tinggi banyak ditemukan Vila yang mayoritas dimiliki orang Jakarta. Kawasan ini juga menjadi pérangan dari areal peternakan Tapos milik kulawarga Cendana yang kaloka itu.

Kacamatan Caringin juga dikenal orang liwat karena disana terdapat laladan Cimande, sebuah laladan yang menjadi asal muasal aliran pencak silat Cimande yang antara lain banyak mengandalkan kelihaian gerak tangan. Cimande juga dikenal sebagai gudang ahli patah balung (bengkel balung) yang bisa menyembuhkan orang yang mengalami patah balung tanpa harus operasi.

Sudah ribuan pasen yang olèh dhokter dinyatakan harus di operasi bahkan diamputasi, namun olèh ahli patah balung Cimande bisa disembuhkan seperti sediakala. Kawasan Cimande terbagi ke dalam tiga Désa yakni Désa Cimande Jaya, Désa Lemah Duhur, dan Désa Cimande Hilir.

Désa Caringin Désa Muara Jaya Désa Pasir Muncang Désa Cinagara Désa Tangkil Désa Cimande Hilir Désa Cimande Jaya Désa Lemah Duhur Désa Ciherang Désa Pancawati Désa Ciderum Désa

Kabupatèn Bogor